Gubernur Kepri Dampingi Presiden Jokowi Tinjau Bendungan Sei Gong

By Admin

nusakini.com--Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau Bendungan Sei Gong Jembatan 6 Galang, Kota Batam, Kamis (23/3). 

Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana Jokowi tiba di Bendungan Sei Gong pada pukul 12.15 WIB beserta Gubernur Kepri dan Ibu Noorlizah Nurdin. Kehadiran Presiden langsung disambut Menteri PUPR Basuki H, Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, Walikota Batam HM Rudi, Kepala BP Batam Hatanto dan Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto. 

Di bendungan, Presiden Jokowi mendapat penjelasan mengenai proyek bendungan Sei Gong oleh Dirjen SDA Kementerian PUPR. 

Presiden RI Jokowi juga melakukan peninjauan secara langsung ke lokasi proyek pengerjaan bendungan Sei Gong bersama Menteri PUPR, Dirjen SDA, Gubernur Kepri, dan Kepala BP Batam. 

Bendungan Sei Gong dibangun untuk memenuhi air baku masyarakat, dan juga disiapkan sebagai sumber air baku bagi rencana pengembangan kawasan industri baru di pulau Galang.

Bendungan ini juga salah satu dari 65 bendungan program strategis nasional pemerintaha Jokowi-JK. Tipe Bendungan adalah Bendungan Urungan Tanah dengan Diafragma Wall (rip-rap batu kosong pada bagian hulu dan hilir). 

Bendungan yang dibuat dengan dana sebesar Rp238,4 miliar ini pekerjaannya dimulai pada tanggal 5 November 2015 sampai dengan 18 Desember 2018. 

Sampai kini, progres fisik mencapai 35,18 persen dan Progres keuangan sudah terealisasi 32 persen.(p/ab)